Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

teknologi pertanian
Mengenal Teknologi Panen dan Pascapanen Padi Di Indonesia
Admin
11 Februari 2022
36 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengenal Teknologi Panen dan Pascapanen Padi Di Indonesia.

Panen padi merupakan satu rangkaian kegiatan budidaya padi yang memegang peranan penting. Saat panen merupakan waktu kritis. Jika panen terlambat, maka kualitas maupun kuantitas hasilnya akan turun, bahkan dapat rusak sama sekali. Selain itu tenaga kerja, biaya dan waktu yang telah dicurahkansebelum panen menjadi tidak ada manfaatnya, sehingga usaha tani merugi. 

  1. Paddy mower

    Panen padi secara semi-mekanis dilakukan menggunakan mesin panen tipe mower (mesin potong rumput) yang sudah dimodifikasi, sehingga dapat digunakan untuk memanen padi.

     
  2. Half Feeding Type Combine Harvester


    Mesin panen padi kombinasi tipe half feeding ini memotong padi pada bagian pangkal bawah batang padi atau dikenal dengan potong panjang. Setelah dipotong, jerami dijepit oleh bagian pembawa atau conveyer ke arah drum thresher untuk dirontokkan.

     
  3. Mesin Perontok Padi

    Foto: detik.com
    Ada dua macam mesin perontok padi yaitu mesin perontok tipe hold-on dan tipe throw-in. Mesin perontok tipe hold-on merupakan mesin perontok padi dengan sistem potong bawah atau potong panjang. Perontokannya dengan cara memegang bagian batang jerami dan memasukkan bagian malai padi ke dalam drum perontokan.

     
  4. Mesin Pengering Padi


    Pada prinsipnya pengeringan buatan adalah pengeringan bahan menggunakan hembusan udara yang dipanaskan. Udara atmosfer dipanaskan, sehingga temperaturnya naik dan digerakkan atau dihembuskan membentuk hembusan udara panas.

Selengkapnya: ppid.pertanian.go.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
PascaPanen
TeknologiPertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak