Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

perikanan berkelanjutan
Melihat Pengembangan Perikanan Hulu-Hilir dengan Konsep Berkelanjutan
Admin
15 Februari 2022
148 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Melihat Pengembangan Perikanan Hulu-Hilir dengan Konsep Berkelanjutan.

Konsep hulu hilir telah dikembangkan Fakultas Pertanian adalah dalam hal budidaya lele dumbo. Konsep ini dimulai dari produksi pakan benih sampai panen ikan konsumsi. Upaya untuk memasarkan hasil panen ikan juga  menggunakan konsep"belabeli". Konsep ini merupakan  produk hasil produksi daerahnya sendiri. Hal ini telah diterapkan pada masyarkat di Kalibawang, Kulon Progo. Budidaya ikan lele dumbo "hulu hilir" dimulai yakni budidaya cacing sutera sebagai pakan  benih lele dumbo.

TEKNOLOGI RAS UNTUK BUDIDAYA IKAN - Sanber FoundationFoto: informazone.com

Tahap produksi lele dumbo adalah tahapan pemijahan, perawatan telur, perawatan larva dan benih pasca larva. Tahap 3 budidaya ikan lele dumbo untuk produksi ikan konsumsi dapat dilakukan dengan kolam permanen, kolam terpal, maupun kolam tanah. Teknologi budidaya ikan lain yang juga telah dikembangkan adalah sistem resirkulasi (resiculating aquaculture system, RAS) dikembangkan UGM untuk menjawab tantangan masalah kelangkaan air yang saat ini dihadapi masyarakat.

Sistem RAS ini dikembangkan untuk budidaya komoditas ikan air tawar (nila,lele, sidat), air payau (udang vaname), dan air laut (kerapu dan kakap putih). Teknologi RAS juga telah dikombinasikan dengan budidaya tanaman sayur seperti selada, kangkung, sawi, bawang daun, dan seledri. cabai, bayam, dan tomat melalui berbagaidesain sistem akuaponik yang teruji.

 

Sumber: Buku Capaian Fakultas Pertanian UGM 2021

0 Komentar
?
TAGS
Perikanan
LeleDumbo
IkanAirTawar
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak