Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

agribisnis
Pangan Berkelanjutan, Melalui Kemitraan Bisnis Pertanian
Admin
15 Februari 2024
22 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Pangan Berkelanjutan, Melalui Kemitraan Bisnis Pertanian.

Di Tengah ancaman krisis pangan, Indonesia melalui kementerian pertanian (kementan) dapat menjalin kemitraan terpadu dan inklusif dengan lembaga, Perusahaan, lembaga keuangan, dan petani yang akan menjadi model pengembangan yang dibutuhkan dalam sektor pertanian.

Pola Kerja sama untuk kegiatan produktif dalam bentuk kemitraan penting dilakukan sebagai alternatif program dalam rangka peningkatan pendapatan petani. Salah satu upaya pemerintah dalam hal ini adalah Kerjasama yang terjalin antara Upland Project yang digagas oleh Direktorat Jenderal Prasarana Kementerian Pertanian dengan Islamic Chef Cullinary Indonesia ((ICCI) untuk lima komoditas unggulan pada ajang Trade Expo Indonesia yang diselenggarakan di IEC BSD pada Oktober 2023.

Program kemitraan ini nantinya tidak hanya melibatkan petani, tetapi juga mencakup infrastruktur dan sistem kelembagaan. Hal tersebut bertujuan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di dataran tinggi.

Rencana strategis melalui Kerjasama UPLAND Project dan ICCI ini sebagai langkah startegis pencapaian swasembada yang berkelanjutan di Indonesia. Pembangunan subsektor pada sektor pertanian dikerahkan untuk menyediakan bahan pangan bagi masyarakat, menghasilkan produk berbasis pertanian, membuka lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, serta memperbaiki kondisi ekonomi dan lingkungan.

Ketahanan dan kemandirian pangan dinilai sebagai salah satu tujuan utama pembangunan pertanian. Dalam mencapai swasembada pangan tersebut maka pola kemitraan agribisnis dapat menjaring Perusahaan besar untuk mendukung bisnis yang diusahakan mitra berskala kecil dalam berbagai kesempatan. Misalnya pada Kerjasama kemitraan menyangkut produksi atau bagian dari produksi seperti pengadaan teknolohi, keuangan/modal, pemasaran, dan manajemen.

Kerjasama kemitraan di bidang pertanian yang saling menguntungkan antara mitra disamping menghasilkan pasokan dari usaha milik sendiri. Penerapan sistem pertanian melalui kemitraan secara tidak langsung akan dapat membantu peningkatan produktifitas dan pertumbuhan pertanian.

Para petani yang terkenadala dalam biaya produksi, pemasaran dan pengelolaan pertanian dapat mengambil solusi dari mitra yang bekerjasama dengan mereka dalam skala besar maupun kecil.

Sumber: upland.psp.pertanian.go.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak