Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

peternakan presisi
Meninjau Peternakan Presisi: Apakah Teknologi Berfokus pada Peningkatan Kesejahteraan Unggas?
Admin
20 September 2023
88 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Meninjau Peternakan Presisi: Apakah Teknologi Berfokus pada Peningkatan Kesejahteraan Unggas?.

Peternakan presisi (precision livestock farming/PLF) adalah penggunaan teknologi untuk membantu peternak memantau dan mengelola hewan dan peternakan mereka. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hewan dengan memungkinkan peternak untuk bertindak segera setelah masalah muncul. Namun, teknologi ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi di peternakan, yang dapat diprioritaskan di atas kesejahteraan hewan.

Pengembangan PLF pada peternakan unggas sejauh ini berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan hewan, lebih dari sekadar peningkatan produksi. Namun, terlepas dari ketertarikan pada penelitian PLF untuk peternakan unggas di seluruh dunia (terutama di Amerika Serikat, Cina dan Belgia), sebagian besar teknologi masih dalam tahap pengembangan (prototipe); hanya sedikit yang tersedia untuk dibeli dan digunakan oleh para peternak.

Ini berarti bahwa pekerjaan di masa depan harus fokus pada membuat teknologi ini tersedia secara komersial bagi para peternak, sehingga sistem yang dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan unggas yang diternakkan di dunia nyata.

Sistem peternakan presisi (precision livestock farming/PLF) memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan hewan dengan memberikan gambaran yang berkesinambungan tentang kondisi kesejahteraan secara real time dan memungkinkan intervensi cepat yang bermanfaat bagi kawanan unggas yang ada.

Namun, masih belum jelas apakah tujuan pengembangan PLF adalah untuk meningkatkan kesejahteraan atau meningkatkan efisiensi produksi. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa PLF pada unggas telah mendapat perhatian yang meningkat pada skala global, tetapi belum menjadi kenyataan komersial yang luas. Pengembangan PLF paling sering difokuskan pada peternakan ayam pedaging, diikuti oleh ayam petelur, dan terutama melibatkan penggunaan sensor (lingkungan dan perangkat yang dapat dikenakan) dan kamera.

Lebih banyak publikasi yang menjadikan kesehatan dan kesejahteraan hewan sebagai salah satu atau satu-satunya tujuan, yang menunjukkan bahwa pengembangan PLF sejauh ini berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan hewan. Pekerjaan di masa depan harus memprioritaskan peningkatan tingkat komersialisasi sistem PLF, sehingga potensi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan unggas dapat direalisasikan.

Sumber:   ncbi.nlm.nih.gov
0 Komentar
?
TAGS
Peternakan
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak