Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

petani sukses
Ini Rahasia Eduardus, Petani Kakao yang Bisa Meraup Untung Ratusan Juta Rupiah
Admin
24 Januari 2022
56 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Ini Rahasia Eduardus, Petani Kakao yang Bisa Meraup Untung Ratusan Juta Rupiah.

Foto: Pixabay.com

Kakao atau Theobroma cacao L. adalah komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi, merupakan bahan baku cokelat yang berbuah sepanjang tahun. Tanaman ini termasuk golongan tumbuhan tropis yang cocok dengan kultur tanah dan iklim di Indonesia. 

Karena itu, banyak petani yang membudidayakan tanaman bahan baku cokelat ini. Salah satunya adalah petani asal Sikka bernama Eduardus. Dia menjadi salah satu petani kakao sukses dan bisa meraup untung ratusan juta rupiah.

Sejak tahun 2009 ia terlibat aktif menularkan ilmu tentang kakao mulai dari cara tanam, perawatan hingga panen. Bahkan Eduardus bisa mengajarkan dari cara memilih bibit dan menanamnya di polybag sebelum dipindahkan ke kebun.

Eduardus dapat meraih kesuksesan dalam bisnis tanaman kakao dan bisa meraup untung ratusan juta rupiah setahun tidak hanya menjual buah kakao yang digunakan sebagai bahan pembuat cokeleat tetapi juga menjual anakan kakao dari kebun pembibitan. 

Selengkapnya: demfarm.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Kakao
Cokelat
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak