Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

pupuk organik
Mahasiswa UGM Sulap Limbah Cangkang Telur Jadi Pupuk Gama Organic
Admin
25 Februari 2024
15 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mahasiswa UGM Sulap Limbah Cangkang Telur Jadi Pupuk Gama Organic.

Mahasiswa UGM berhasil mengolah limbah cangkang telur menjadi pupuk organik. Produk bernama Gama Organic tersebut dibuat oleh Faris Ariwibowo (Fakultas Peternakan 2022), Rakha Arya Cahya (Sekolah Vokasi 2021), Amandira Dhirgandita (Fakultas Teknik 2021), Aurelia Nadiya Prayudanti (Fakultas Peternakan 2022), dan Arini Roisatul Baroroh (Fakultas Peternakan 2022). Mereka memanfaatkan limbah cangkang telur yang jumlahnya cukup berlimpah di DIY menjadi pupuk organik yang mampu mendorong pertumbuhan tanaman secara optimal.

Faris menjelaskan pembuatan Gama Organic ini bermula dari keprihatinan terhadap persoalan sampah di DIY yang belum efektif pengelolaannya. Bahkan, di salah satu tempat pembuangan akhir (TPA) yakni TPA Piyungan sempat kewalahan dalam menerima sampah yang masuk karena mengalami overload  hingga mencapai 700 ton sampah per harinya.

Dampaknya, per tanggal 23 Juli 2023 kemarin TPA Piyungan tidak lagi dapat menerima pelayanan sampah dan saat ini sudah dibuka secara terbatas yakni menerima 200 ton sampah/hari. Masalah sampah ini menyebabkan penumpukan dan bau yang tidak sedap karena sampah anorganik bercampur dengan sampah organik sehingga perlu ada inovasi pengelolaan sampah organik tersebut.

“Salah satu contoh sampah organik yang dihasilkan adalah cangkang telur dari industri peternakan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik tahun 2022, DIY menghasilkan 168.303,00 ton telur/tahun,”terangnya, Selasa (10/10) di Kampus UGM.

Melihat kondisi tersebut, para mahasiswa muda ini pun memutar otak memanfaatkan limbah cangkang telur dan sampah organik lainnya menjadi sesuatu yang bernilai guna dan bernilai ekonomi. Merekapun mengolah limbah cangkang telur dengan sampah organik lainnya seperti leri, kulit pisang, dan kulit bawang untuk dijadikan pupuk organik cair.

“Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan yang baik untuk tanaman seperti kalsium, nitrogen, fosfor, kalium, sulfur, vitamin B1, dan kandungan lainnya,”ungkapnya.

Rakha menambahkan kehadiran Gama Organic ini mendapat respons yang baik dari masyarakat. Setelah diaplikasikan ke tanaman hias dan sayuran mampu mendorong pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal. Hal ini merupakan hasil dari pupuk organik yang memiliki kandungan tinggi dan berbahan alami.

Produk pupuk organik Gama Organic ini dijual di pasaran dalam dua bentuk yakni botol semprot dan botol biasa berukuran 1 liter dengan harga Rp35.000,00/pcs. Perbedaan kedua bentuk ini hanya ada pada konsentrasinya. Botol biasa perlu dicairkan dalam pengaplikasiannya sedangkan botol semprot bisa langsung disemprotkan ke tanaman.

“Produk ini bisa didapat dengan melakukan pemesanan di IG: pkmk.gamaorganic.ugm, shoope: https://shp.ee/mhcmeij,” jelasnya.

Rakha berharap adanya inovasi produk pupuk organik ini bisa menjadi solusi pengelolaan sampah organik di tanah air. Selain itu juga diharapkan mampu menunjang kesehatan serta meningkatkan kualitas tanaman di Indonesia.

 

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak