Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

regenerasi petani
Gen Z Harapan Baru Masa Depan Pertanian Indonesia
Admin
25 November 2023
40 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Gen Z Harapan Baru Masa Depan Pertanian Indonesia.

Regenerasi petani di Indonesia menjadi suatu upaya memastikan ketahanan pangan dan berkelanjutannya sektor pertanian. Ini merupakan salah satu upaya konkret yang dilakukan Kementerian Pertanian dalam mendorong generasi muda untuk terlibat dalam pertanian. Termasuk penyediaan akses yang lebih baik terhadap pendidikan pertanian, teknologi modern, serta pembiayaan yang terjangkau, sehingga para petani muda dapat melihat pertanian bukan hanya sebagai mata pencaharian, tetapi juga sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

Dunia saat ini membutuhkan tangan-tangan kreatif anak muda dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Apalagi Indonesia sebagai negara besar memiliki tanah yang subur dan bisa ditanami apa saja yang dibutuhkan masyarakat dunia.

Pada periode 26 Juni – 22 September 2023, sedikitnya 8 siswa asal SMK Negeri 1 Cipaku melaksanakan PKL di BBPP Lembang. Selama masa PKL para siswa ditempatkan di Inkubator Agribisnis (IA) yang dibagi di beberapa titik antara lain: lahan konvensional budidaya tanaman cabai keriting, bawang merah, brokoli, dan screen tomat beef. Pelaksanaan PKL dibimbing oleh Widyaiswara serta didampingi oleh petugas lapang.     

Rabu (20/9), siswa melakukan seminar akhir PKL. Ini menjadi salah satu syarat agar siswa dapat dinyatakan lulus PKL di BBPP Lembang. Masing-masing siswa mempresentasikan hasil pengamatan dan pengalamannya selama kurang lebih tiga bulan berkecimpung di IA BBPP Lembang.

Seperti yang diceritakan Yayu Yusnia. Selama PKL Ia ditempatkan di lahan konvensional dengan komoditas bawang merah. Ia memaparkan tahapan budidaya yang dilakukannya mulai dari persiapan lahan, pemeliharaan, hingga panen dan pasca panen. “Persiapan lahan dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pembentukkan bedengan, pemupukan dasar, penghalusan bedengan, pemasangan mulsa, pembuatan drainase, serta pembuatan lubang dan jarak tanam,” paparnya.

Berbeda dengan Yayu, Lutfi Algifari memaparkan budidaya tanaman tomat beef yang dilakukannya di screen irigasi tetes. 

Dipaparkannya, hal yang pertama dilakukan adalah persiapan screen house, dilanjutkan dengan persemaian, penanaman, pemeliharaan, panen, dan pasca panen.

Lutfi menceritakan keunggulan budidaya di dalam screen yakni terlindung dari serangan hama, panas, dan hujan. Sistem irigasi tetes menjadi hal baru yang belum Ia dapatkan di sekolah.

Setelah melakukan presentasi dan mengumpulkan laporan kegiatan seluruh siswa dinyatakan lulus PKL. Ditemui di pengujung masa PKL, Muhammad Nur Ikhsan menyatakan kesannya. Baginya pengalaman PKL di BBPP Lembang menjadi pengalaman berharga dan baru baginya. Widyaiswara dan pendamping di lapangan juga banyak membagikan pengalaman dan ilmu.

Kepala BBPP Lembang, Ajat Jatnika, juga menyatakan kesiapannya dalam mendorong pertumbuhan petani milenial melalui berbagai pelatihan dan pendidikan di BBPP Lembang. Dengan demikian, regenerasi petani tidak hanya akan memperkuat sektor pertanian, tetapi juga mendukung pembangunan ekonomi dan ketahanan pangan Indonesia ke depan. 

Referensi:   swadayaonline.com

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak