Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

regenerasi petani
Menumbuhkan Minat Generasi Muda dalam Dunia Pertanian: Sebuah Tantangan dan Peluang
Admin
4 November 2023
56 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Menumbuhkan Minat Generasi Muda dalam Dunia Pertanian: Sebuah Tantangan dan Peluang.

Pertanian, meskipun merupakan tulang punggung perekonomian bangsa, semakin kurang diminati oleh generasi muda. Penelitian di Kampus Polbangtan Manokwari mengungkap bahwa persepsi generasi muda terhadap sektor pertanian secara keseluruhan cenderung negatif. Ini disebabkan oleh faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi minat mereka terhadap pertanian.

Faktor internal, seperti motivasi, pengetahuan, dan kepribadian, berperan dalam menentukan minat generasi muda terhadap pertanian. Namun, faktor internal ini juga cenderung berpandangan negatif terhadap pekerjaan di sektor pertanian.

Selain itu, faktor eksternal, seperti status sosial ekonomi, sosialisasi pekerjaan, dan tingkat kosmopolitan, juga berpengaruh pada persepsi generasi muda terhadap pertanian. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor internal dan eksternal dengan minat generasi muda terhadap pertanian.

Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari para pemangku kepentingan dan pemahaman yang lebih baik terkait potensi sektor pertanian. Generasi muda perlu menyadari bahwa pertanian bukan hanya pekerjaan biasa, tetapi juga merupakan karier yang menjanjikan dengan reward yang memadai. Dengan upaya bersama, sektor pertanian bisa menjadi sektor yang menarik dan penuh potensi untuk generasi muda.

 

Referensi: neliti.com

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak