Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

pupuk mineral
Perbedaan dan Kesamaan Antara Pupuk Organik dan Mineral: Apa yang Harus Diketahui?
Admin
5 Desember 2023
68 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Perbedaan dan Kesamaan Antara Pupuk Organik dan Mineral: Apa yang Harus Diketahui?.

Pupuk merupakan bahan yang diterapkan pada tanah atau langsung ke tanaman untuk menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman agar tumbuh dan meningkatkan kesuburan tanah. Ada perbedaan signifikan antara pupuk mineral dan organik.

Pupuk mineral dihasilkan dari material yang ditambang dari sumber nutrisi alami atau dari pemindahan nitrogen dari atmosfer ke bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman. Sementara itu, pupuk organik berasal dari bahan tumbuhan, kotoran hewan, limbah makanan, seperti pupuk hijau dan biosolids. Mereka memberikan nutrisi yang penting bagi tanaman sambil memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan tanah.

Namun, pupuk organo-mineral merupakan kombinasi dari pupuk organik dan mineral yang menghasilkan nutrisi seimbang serta perbaikan kesehatan tanah dalam bentuk yang mudah disimpan dan diangkut. Dengan demikian, pemahaman perbedaan ini dapat membantu petani memilih pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman mereka.

Fertilizer adalah bahan yang diterapkan pada tanah atau langsung pada tanaman untuk memberikan nutrisi penting yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dan meningkatkan kesuburan tanah. Penggunaannya bertujuan meningkatkan hasil panen dan/atau kualitasnya, serta menjaga kemampuan tanah untuk mendukung produksi tanaman di masa depan.

Fertilizer mineral diproduksi dari bahan yang ditambang dari deposit nutrisi alami atau dari fiksasi nitrogen dari atmosfer ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman. Fertilizer mineral umumnya mengandung konsentrasi tinggi dari satu, dua, atau tiga nutrisi tanaman.

Fertilizer organik berasal dari bahan tumbuhan, kotoran hewan, limbah domestik, umumnya dalam bentuk pupuk hewan, pupuk hijau, dan biosolid. Fertilizer organik menyediakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tanaman, umumnya mengandung berbagai macam nutrisi dalam konsentrasi rendah. Mereka juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan tanah.

Fertilizer organo-mineral menggabungkan fertilizer organik dan mineral kering untuk memberikan nutrisi seimbang bersama dengan peningkatan kesehatan tanah dalam bentuk yang mudah diangkut dan disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Referensi:      fertilizer.org

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak