Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

petani milenial
Berkenalan dengan Petani Milenial Asal Pasuruan yang Sukses Bisnis Kopi
Admin
6 Februari 2022
49 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Berkenalan dengan Petani Milenial Asal Pasuruan yang Sukses Bisnis Kopi.

Anak muda yang membuktikan bisa sukses menjadi petani. Heri Tahan Muji, 36, petani milenial asal Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan sukses mengembangkan komoditas kopi. Omzet bisnisnya rata-rata lebih dari Rp100 juta tiap bulannya. Selain mampu menjual kopi hingga 2.500 kg perbulan, Heri juga mampu membuka lapangan pekerjaan. Mereka dilibatkan dalam proses pasca panen, mulai dari sortasi buah, sortasi biji, sangrai, packing, promosi dan pemasaran.

Foto: kopikepahaiang.com

Kopi ditanam di lereng Gunung Arjuno dengan ketinggian 1.300 mdpl, memiliki rasa yang khas dan berkarater.  Produk kopi Lesung Arjuno dibudidayakan oleh Heri bersama Kelompok Tani Candi Mulyo dan saat ini telah mendapatkan sertifikat organik berstandar Eropa. Dalam prosesnya, awalnya usaha ini tidaklah mudah. Pada awalnya, Kelompok Tani Candi Mulyo menjual kopi dalam bentuk buah cerry. Oleh tengkulak hasil panen dihargai Rp5.000 per kg untuk  Robusta dan Rp8.000 per kg untuk Arabica. Pelan tapi pasti, Kelompok Tani Candi Mulyo di bagian pasca panen dan pemasaran. Kini kelompok tani tersebut membuktikan dapat menghasilkan kopi dengan berbagai jenis olahan. Mulai dari natural, semiwash, fullwash, dan honey baik robusta maupun arabika.

Selengkapnya: solopos.com

 

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
PetaniMuda
Kopi
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak