Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

teknologi perikanan
Mengenal Inovasi Teknologi Microbubble Generator (MBG) pada Perikanan
Admin
8 Januari 2022
43 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengenal Inovasi Teknologi Microbubble Generator (MBG) pada Perikanan.

 

Foto: ditpui.ugm.ac.id

Inovasi teknologi baru menegnai kelautan dan perikanan mulai diperkenalkan pada usaha budidaya ikan, salah satunya adalah penerapan Microbubble Tecnology. Teknologi MBG merupakan pembuatan gelembung udara mikro dengan generator kecil. Dengan gelembung udara maka kandungan oksigen dalam air semakin tinggi. Teknologi tepat guna ini murah dan telah diuji coba di pertanian air tawar di Sleman, DIY.

Selain murah, penerapan MBG juga menghasilkan panen lebih dari tiga kali dalam setahun. Dari tiga kali panen menjadi empat kali panen, penggunaan listriknya hemat untuk memutar kincir. Jika disosialisasikan kepada masyarakat, katanya, teknologi ini bisa lebih efisien dalam proses budi daya ikan. Petani akan mendapat hasil yang maksimal karena hasilnya naik lebih dari 50%.

Keuntungan lain MBG dibanding konvensional antara lain: waktu lebh cepat 1 (satu) bulan dengan padat tebar tinggi 15-25 ekor/m2); produktivitas lebih tinggi 40% (600 kg/100 m2); lebih tahan penyakit; hemat penggunaan air; penggunaan pakan lebih efisien (FCR : 1,3); pertumbuhan cepat dan ikan lebih seragam.

Selengkapnya: news.kkp.go.id

0 Komentar
?
TAGS
MicrobubbleGenerator
Perikanan
Budidaya
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak