Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

petani milenial
UGM Dampingi Pemuda Gedangsari Jadi Peternak Milenial
Admin
8 Oktober 2021
14 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
UGM Dampingi Pemuda Gedangsari Jadi Peternak Milenial.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statitik (BPS) tahun 2018, populasi peternak terus mengalami penurunan setiap tahun. BPS mencatat pada periode 2012-2016, terjadi pengurangan jumlah peternak mencapai 263.484 orang atau setara 6 persen. Kondisi tersebut diperparah dengan sebagian besar petani sekarang ini yang rata-rata berumur lebih dari 50 tahun.

Sementara itu, para pemuda Indonesia kebanyakan enggan menjadi peternak dan memilih bekerja di sektor lain. Padahal, kebutuhan pangan nasional terus meningkat seiring pertambahan populasi penduduk dan ekonomi yang kian membaik.

Di tengah kondisi yang demikian, Fakulta Peternakan UGM melalui beberapa dosennya, seperti Muhsin Al Anas dan Akhmad Fathoni, membentuk dan membina kelompok pemuda ternak di Dusun Ngalang, Buyutan, Gedangsari, Gunung Kidul. Program tersebut adalah hasil kerja sama dengan Alumni Voli Universitas Gadjah Mada (AVOGAMA).

selengkapnya di https://ugm.ac.id

 

(MP3_S)

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak