Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

hama dan penyakit tanaman
Mengendalikan Penyakit Tanaman dengan Teknologi Plasma: Solusi Ramah Lingkungan
Admin
9 November 2023
63 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengendalikan Penyakit Tanaman dengan Teknologi Plasma: Solusi Ramah Lingkungan.

Penyakit tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen semakin meningkat, kemungkinan akibat pemanasan global. Teknologi konvensional untuk mengendalikan penyakit tanaman sering kali memiliki keterbatasan dalam hal efisiensi, keselamatan lingkungan, dan biaya ekonomi. Kebutuhan akan peningkatan efisiensi dan keselamatan sangat tinggi. Teknologi plasma bertekanan atmosfer non-termal telah menunjukkan potensinya sebagai alat alternatif untuk pengendalian mikroorganisme patogen tanaman yang efisien dan ramah lingkungan dalam banyak penelitian, yang akan kita tinjau dalam artikel ini.

Pada umumnya, teknologi plasma ini efisien dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit tanaman di bawah kondisi laboratorium. Selain itu, air yang telah diterapi dengan plasma juga memiliki aktivitas antimikroba. Teknologi plasma dan air yang telah diterapi dengan plasma efisien dalam membersihkan dan mendisinfeksi tanaman, buah, dan biji. Namun, efektivitas teknologi plasma ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan mikro antara plasma dan jaringan tanaman. Ini termasuk struktur dan sifat permukaan tanaman, sistem antioksidan, dan kimia permukaan tanaman.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami efisiensi dalam membersihkan dan mendisinfeksi serta mekanisme yang mendasarinya. Belakangan ini, terdapat penelitian aktif tentang kemampuan teknologi plasma untuk meningkatkan toleransi atau ketahanan tanaman terhadap patogen (disebut "plasma vaccination"), yang merupakan area penelitian yang sedang berkembang. Teknologi plasma ini menawarkan solusi yang lebih ramah lingkungan dalam mengendalikan penyakit tanaman, dan penelitian lebih lanjut di bidang ini penting untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan.

Referensi:    ncbi.nlm.nih.gov

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak