Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

budidaya ikan
3 Langkah Jitu Kelola Limbah Budidaya Ikan ala Dosen UGM
Admin
1 Mei 2021
24 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
3 Langkah Jitu Kelola Limbah Budidaya Ikan ala Dosen UGM.

Bagi petani ikan perlu memikirkan cara untuk meningkatkan produksinya. Selain pemberian pakan, kualitas air yang bagus juga mempengaruhi budidaya ikan. Tak hanya soal kualitas pakan dan ikan, limbah yang dihasilkan dari budidaya ikan juga perlu diperhitungkan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar. Penanganan limbah dalam budidaya ikan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para petani. Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Susilo Budi Priyono menerangkan, limbah budidaya ikan yang utama berasal dari pakan ikan.

Limbah budidaya ikan paling banyak berasal dari pakan Misalnya dari penggunaan bahan-bahan kimia seperti garam, kapur, obat-obatan, vaksin juga akan menimbulkan limbah pada budidaya ikan. “Belum lagi jika ikan terkena penyakit, limbahnya juga bisa berupa penyakit. Pakan yang kita berikan mengandung protein, unsur hara yang ada di dalamnya adalah nitrogen. Pakan yang diberikan tidak semuanya dimakan ikan,” urai Susilo Budi.

Selengkapnya di https://www.kompas.com


Penulis : Mahar Prastiwi
Editor : Ayunda Pininta Kasih

 

(MP3_S)

 

0 Komentar
?
TAGS
Perikanan
Tips
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak