Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

perikanan
Persamaan dan Perbedaan Nelayan Modern dan Tradisional
Admin
1 Oktober 2023
72 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Persamaan dan Perbedaan Nelayan Modern dan Tradisional.

Nelayan tradisional Menurut Bonefasius Kemong dalam jurnal Sistem Mata Pencaharian Hidup Nelayan Tradisional Suku Bangsa Kamoro di Desa Tipuka Kecamatan Mapurujaya Kabupaten Mimika Propinsi Papua (2015), nelayan tradisional adalah nelayan yang memanfaatkan sumber daya perairan dengan memakai peralatan tradisional.

Nelayan tradisional tidak menggunakan teknologi dan tidak bergantung pada peralatan yang lebih modern. Maka dari itu, biasanya peralatan yang digunakan masih relatif sederhana dan sifatnya jauh lebih aman untuk lingkungan.

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

Nelayan tradisional menggunakan perahu tanpa mesin atau sampan (perahu kecil) untuk pergi berlayar ke laut. Untuk menangkap ikan, nelayan tradisional menggunakan jaring atau jala yang sudah dibawa untuk kemudian ditebarkan ke area sekitar perahu mereka.

Nelayan modern Dalam jurnal Perkembangan Teknologi Alat Tangkap Ikan Nelayan di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun 2001-2013 (2021) karya Alfatah Yusron Azis, dituliskan bahwa nelayan modern adalah nelayan yang memanfaatkan sumber daya perairan dengan menggunakan peralatan modern.

Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

Nelayan modern menggunakan perahu mesin atau kapal besar yang memakai bahan bakar, untuk berlayar ke laut. Untuk menangkap ikan, nelayan modern menggunakan radar pendeteksi ikan serta jaring. Terkadang mereka juga menggunakan bom untuk mendapatkan ikan.

Persamaan dan perbedaan nelayan modern dan tradisional

Berikut persamaan dan perbedaan nelayan modern dan tradisional, yaitu: Persamaan nelayan modern dan tradisional Kesamaan tujuan, yaitu menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terkadang alat yang digunakan sama, yakni menggunakan jaring untuk menangkap ikan. Menghadapi gelombang laut. Harus memperhatikan cuaca saat akan pergi berlayar.

Perbedaan nelayan modern dan tradisional

Nelayan modern menggunakan kapal atau perahu mesin. Sedangkan nelayan tradisional menggunakan perahu atau sampan. Nelayan modern menggunakan tenaga mesin untuk menggerakan perahu. Sedangkan nelayan tradisional menggunakan tenaga angin.

Nelayan modern bisa berlayar ke tempat yang lebih jauh. Sedangkan nelayan tradisional, area penangkapan ikannya terbatas. Nelayan modern dapat menggunakan radar untuk mendeteksi ikan. Sedangkan nelayan tradisional tidak menggunakannya.

Sumber:   kompas.com

0 Komentar
?
TAGS
Perikanan
Nelayan
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak