Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

agribisnis
Peluang Bisnis Hortikultura untuk Sukses Bersama Generasi Milenial
Admin
11 Februari 2024
3 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Peluang Bisnis Hortikultura untuk Sukses Bersama Generasi Milenial.

Tantangan pascapanen pada produk hortikultura adalah masalah yang serius. Kerugian produk setelah panen di negara maju bisa mencapai 5-25%, sementara di negara berkembang, angkanya bisa mencapai 20-50%. Kerugian ini bukan hanya berarti hasil panen yang hilang, tetapi juga pendapatan yang seharusnya bisa diraih.

Penyelesaian masalah ini bukan hanya tugas petani atau pihak yang menangani pascapanen. Semua pihak yang terlibat dalam rantai pasok hortikultura memiliki peran penting. Ada keyakinan pada hortikultura bahwa kemajuan sektor ini selaras dengan kemajuan masyarakatnya. Dalam konteks ini, kaum milenial memiliki peran yang krusial.

Mereka dikenal haus akan pengetahuan, teknologi, dan ide-ide baru. Mereka cenderung memiliki semangat berwirausaha dan berupaya mencari solusi untuk masalah yang ada.Generasi milenial memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan dalam menghadapi tantangan pascapanen hortikultura.

Mereka mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan, mengadopsi teknologi terbaru, dan membawa gagasan segar dalam penanganan pasca panen. Dengan pemahaman yang kuat tentang faktor biologis, fisiologis, dan lingkungan produk serta ilmu dan teknologi pasca panen, kaum milenial bisa memainkan peran sentral dalam menyelesaikan masalah ini.

Seiring teknologi yang semakin maju dan akses mudah ke informasi, generasi milenial memiliki peluang besar untuk mengoptimalkan rantai pasok pascapanen hortikultura dan mengurangi kerugian yang selama ini menjadi masalah. Hal ini akan membantu petani meningkatkan pendapatan mereka dan memberikan dampak positif pada industri hortikultura secara keseluruhan.

Sumber: fp.unila.ac.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Diskusi
Informasi
Kontak