Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

pasca panen
Meningkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Pemanfaatan Teknologi Pascapanen yang Berkelanjutan
Admin
12 Februari 2024
3 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Meningkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Pemanfaatan Teknologi Pascapanen yang Berkelanjutan.

Teknologi pascapanen memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani, namun pemanfaatannya oleh petani kecil masih menghadapi berbagai kendala. Salah satu hambatan utama adalah kesenjangan dalam komunikasi proses alih teknologi, yang sering kali menyebabkan pemahaman yang kurang baik pada sistem tersebut.

Kendala lainnya adalah pemahaman terbatas dari petani kecil serta kurangnya pendampingan dalam menerapkan teknologi baru. Hal ini mengakibatkan hasil alih teknologi hanya berlangsung sesaat dan tidak berlanjut. Penerapan teknologi yang tidak memperhatikan aspek kelayakan teknis, ekonomis, sosial budaya, dan lingkungan setempat juga menjadi masalah, yang pada akhirnya sulit memberikan manfaat yang signifikan bagi petani.

Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan dorongan yang berkelanjutan dalam pemanfaatan teknologi pascapanen pertanian. Kerjasama antara pemerintah daerah, lembaga penelitian, dan pengembangan sangat penting dalam membangun keterkaitan institusional dan fungsional dari sejumlah lembaga terkait di lapangan. Sinergi ini dinilai strategis untuk membangun jejaring kerja yang optimal guna meningkatkan kesejahteraan petani kecil di pedesaan.

Konsep kebijakan pengembangan teknologi pertanian berkelanjutan harus mempertimbangkan manajemen yang baik, konservasi sumber daya alam, teknologi yang sesuai dengan lokasi, serta keterlibatan berbagai lembaga terkait. Hal ini bertujuan agar produktivitas, produksi, dan pendapatan petani dapat ditingkatkan secara berkelanjutan.

Tantangan ke depan dalam pengembangan teknologi pascapanen adalah memastikan pemenuhan kebutuhan pangan yang berkualitas dan penyediaan lapangan kerja melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya lokal secara efektif dan efisien. Pengembangan konsep sistem kebijakan terintegrasi, pengembangan teknologi tepat guna yang spesifik untuk lokasi, serta penerapan standar peralatan dan mutu produk diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani kecil di pedesaan.

Dengan terus mendorong inovasi dan kolaborasi antarstakeholder, diharapkan teknologi pascapanen dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan petani kecil dan mencapai pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Sumber: media.neliti.com

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Diskusi
Informasi
Kontak