Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

teknologi tepat guna
Teknologi Tepat Guna dan Relevansinya untuk Indonesia
Admin
13 Januari 2022
45 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Teknologi Tepat Guna dan Relevansinya untuk Indonesia.

Teknologi adalah kata yang populer digunakan dalam berbagai bahasan. Mulai dari ranah khusus di bidang teknik dan teknologi, sampai ke masalah sosial, ekonomi dan tentu saja pertanian. Teknologi yang erat dengan pertanian adalah teknologi tepat guna, yang umumnya dikenal sebagai pilihan teknologi beserta aplikasinya yang mempunyai ciri berskala relatif kecil, padat karya, hemat energi, dan terkait erat dengan kondisi lokal.

 

Foto: adigunakaryapersada.co.id

Teknologi tepat guna bisa saja melintas batas tingkat teknologi. Tidak harus kecil dan murah. Tidak pula harus besar dan mahal. Bisa saja kecil tapi mahal, atau besar tapi murah. Oleh karena teknologi itu ada untuk menangani permasalahan manusia di suatu kondisi. Apa pentingnya bagi Indonesia? Data terakhir, Indonesia masih berjuang menurunkan kesenjangan yang saat ini ada pada angka 0,389 (BPS, 2018).

Angka kumulatif yang menggambarkan jurang perbedaan desa dan kota. Memang teknologi – bukan satu-satunya solusi. Teknologi yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk mendapatkan nilai tambah melalui peningkatan produktivitas dan penghasilan.

Selengkapnya: lipi.go.id

0 Komentar
?
TAGS
TTG
Energi
TeknologiPertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak