Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

penyakit tanaman
Penerapan Konsep Segitiga Penyakit Tanaman Agar Bebas dari Penyakit
Admin
17 Agustus 2023
303 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Penerapan Konsep Segitiga Penyakit Tanaman Agar Bebas dari Penyakit.

Segitiga penyakit tanaman atau disease triangle, merupakan konsep yang menjelaskan bahwa sebuah serangan penyakit tanaman itu merupakan hail interaksi 3 faktor yaitu tanaman inang, adanya agen penyebab/patogen dan lingkungan yang mendukung.

Apabila salah satu di antara ketiga faktor tersebut tidak terkendali maka penyakit tidak bisa berkembang. Maka, untuk mencegah serangan penyakit maka petani perlu mengeliminasi atau memutus salah satu rantai tersebut, atau mengontrol salah satu atau ketiga faktor tersebut.

Idealnya agar tanaman bebas serangan penyakit, maka yang perlu dilakukan adalah menggunakan varietas yang tahan (misal tahan virus atau tahan layu), menanam di lokasi yang bukan endemik (lahan bukan sentra suatu komoditas), atau bisa juga lahan yang baru buka.

Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan adalah menanam di musim terbaik, yang intensitas serangan penyakitnya minim. Selain itu dapat mengoptimalkan pengendalian penyakit dengan menggunakan greenhouse sehingga bisatanam dengan optimal di segala musim.

Sumber:  faperta.unmul.ac.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
PenyakitTanaman
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak