Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

pertanian berkelanjutan
Manfaat Rumput Laut: Biostimulan dan Pembenah Tanah Alami
Fauhatuz Zahroh
17 Oktober 2024
4 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Manfaat Rumput Laut: Biostimulan dan Pembenah Tanah Alami.

Pembenah tanah menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam kegiatan usaha tani, karena dirasa mampu meningkatkan struktur, kesuburan, dan kesehatan tanah. Pembenah tanah adalah bahan yang ditambahkan ke tanah untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Kandungan organik yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan kapasitas tanah dalam menahan air. Pembenah tanah mampu membantu memperbaiki kemampuan tanah dalam menyimpan dan mengalirkan air, sehingga tanaman dapat tumbuh lebih baik meskipun kondisi cuaca ekstrem. Selain itu, pembenah tanah meningkatkan aktivitas mikroorganisme yang penting untuk dekomposisi bahan organik dan pelepasan nutrisi. Ini berarti tanaman dapat mengakses nutrisi dengan lebih efisien, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. Tanah yang sehat dan subur, menjadi bukti agar petani dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia dan pestisida yang dapat merusak lingkungan. 

Rumput laut yang dikenal sebagai sumber pangan dan bahan baku industri memiliki potensi sebagai bahan biostimulan dan pembenah tanah. Rumput laut mengandung berbagai zat aktif seperti asam alginat, manitol, serta vitamin dan mineral yang dapat berperan sebagai biostimulan. Biostimulan merupakan bahan alami atau sintetis yang diberikan kepada tanaman untuk meningkatkan pertumbuhan, produktivitas, dan daya tahan terhadap stres. Rumput laut terbukti memiliki ekstrak yang dapat merangsang pertumbuhan akar, meningkatkan ketersediaan hara, dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kondisi lingkungan yang buruk. Rumput laut memiliki kemampuan untuk mengikat partikel tanah, sehingga meningkatkan struktur tanah dan mengurangi erosi. Selain itu, rumput laut juga dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah, yang berperan penting dalam dekomposisi bahan organik dan siklus hara. Saat pengaplikasian ekstrak rumput laut pada tanaman sayuran menunjukkan adanya peningkatan ukuran dan kualitas hasil panen. Selain itu, rumput laut juga mampu membantu tanaman kembali dapat tumbuh dengan baik akibat serangan hama penyakit. Beberapa manfaat rumput laut sebagai pembenah tanah sebagai berikut:

  1. Rumput laut memiliki banyak nutrisi seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan berbagai vitamin yang penting bagi kesuburan tanah sehingga rumput laut mampu mengembalikan kadar nutrisi yang hilang dan menjadikan tanah lebih subur.

  2. Rumput laut mampu meningkatkan kapasitas retensi air tanah. Sehingga, tanah dapat menahan air lebih lama dan tanaman akan tetap terhidrasi tumbuh lebih baik.

  3. Rumput laut dapat mengubah struktur tanah agar mengurangi resiko erosi dengan meningkatkan kohesi tanah.

  4. Senyawa seperti protein, polisakarida, pigmen, polifenol, dan fitohormon di dalam rumput laut dapat meningkatkan penyerapan dan defisiensi unsur hara oleh tanaman. Sehingga tanaman mampu menyerap nutrisi lebih efektif dan tumbuh lebih cepat.

  5. Rumput laut dapat mengurangi dependensi pada pupuk kimia yang berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia.

  6. Penggunaan rumput laut dapat mengurangi polusi air tanah yang disebabkan oleh residu pupuk kimia. Hal ini menjadikan lingkungan pertanian lebih aman dan sehat.

  7. Fitohormon dan senyawa aktif lainnya dalam rumput laut dapat memfasilitasi pertumbuhan tanaman dan mampu meningkatkan resistensi tanaman terhadap stres lingkungan serta mempromosikan perkembangan akar dan tunas.

 

 Pemanfaatan rumput laut sebagai bahan biostimulan dan pembenah tanah tidak hanya memberikan manfaat bagi pertanian, tetapi juga memiliki potensi ekonomi dan lingkungan yang signifikan. Budidaya rumput laut dapat menjadi sumber pendapatan alternatif bagi komunitas pesisir. Penanaman rumput laut juga dapat membantu mitigasi perubahan iklim karena rumput laut memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan mengurangi konsentrasi gas rumah kaca. Rumput laut juga dapat membantu mengurangi tekanan terhadap sumber daya laut lainnya, karena budidaya rumput laut yang terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan lahan subur atau air tawar.

0 Komentar
?
TAGS
Rumput Laut
Pembenah Tanah
Rumput Laut
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak