Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

produk olahan
Cara Masak Tulang Sapi dan Kambing Agar Jadi Sajian Lezat
Admin
18 Juni 2024
60 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Cara Masak Tulang Sapi dan Kambing Agar Jadi Sajian Lezat.

Tulang sapi dan kambing bisa diolah menjadi hidangan lezat. Kamu bisa mengikuti beberapa cara masak tulang sapi dan kambing yang tepat berikut ini. Biasanya tak hanya daging sapi dan kambing saja yang dibagikan saat Idul Adha, tapi juga bagian tulangnya. Namun, tak perlu sedih saat mendapatkan tulang sapi atau kambing. Karena, tetap bisa diolah menjadi hidangan lezat yang menggugah selera. Tulang sapi dan kambing ini bisa diolah menjadi sup kaldu nikmat. Bisa juga diolah menjadi tengkleng khas Jawa yang sedap.

1. Pisahkan Tulang Sapi dan Kambing
Sebelum dimasak, kamu harus memisahkan tulang sapi dan kambing terlebih dahulu. Agar tidak tercampur saat memasaknya. Tulang-tulang ini bisa dibedakan dengan melihat ukurannya. Ukuran tulang sapi biasanya lebih besar, sementara tulang kambing cenderung kecil. Bahkan bagian tulang iga kambing cenderung lebih tipis.

2. Cuci Bersih Tulang Sapi dan Kambing
Kalau daging sapi sebaiknya jangan dicuci sebelum dimasak agar aromanya lebih sedap. Sebaliknya, tulang sapi dan kambing sebaiknya dicuci lebih dahulu. Karena, biasanya masih ada kotoran yang menempel pada tulang. Seperti tanah atau percikan darah sapi ataupun kambing.

Cuci tulang sapi dan kambing di bawah air mengalir dan usap-usap sampai bersih. Setelah itu, barulah tulang sapi dan kambing bisa diolah menjadi kaldu. Tulang yang bersih juga bisa menjadikan kaldu lebih bening.

3. Jadikan Kaldu Sup
Cara memasak tulang yang paling mudah dijadikan kuah kaldu. Biasanya menggunakan tulang sapi yang telah dicuci bersih. Potong tulang sapi menjadi dua. Jika berupa tulang sendi, biarkan utuh. Rebus tulang sapi dalam panci berisikan air mendidih selama beberapa jam.

Agar rasa kuah kaldu lebih nikmat bisa kamu tambahkan bawang bombay yang dipotong kasar, bawang putih yang dimemarkan, dan lada butiran. Bisa juga kamu tambahkan daun bawang agar aromanya sedap.

Tulang kambing juga bisa diolah menjadi kaldu. Namun, agar aromanya tidak pregus sebaiknya tambahkan rempah aromatik. Seperti jahe, lengkuas, pala, hingga daun jeruk.

Kaldu tulang ini bisa ditambahkan aneka sayuran untuk sop. Seperti wortel, buncis, kentang, dan lainnya. Kuah kaldu tulang sapi juga cocok digunakan untuk kuah bakso.


4. Masak Jadi Tengkleng
Hidangan khas Solo juga ada yang menggunakan bahan utama tulang yaitu tengkleng. Biasanya tengkleng dibuat dari tulang kambing. Namun, bisa juga diolah dari tulang sapi.

Sekilas, tengkleng memiliki tampilan yang mirip dengan gule. Namun, kuah yang digunakan lebih encer dengan rasa lebih segar. Apalagi dipadukan denga bumbu rempah yang khas sehingga aromanya menggugah selera.

5. Masak Jadi Tongseng
Tongseng juga hidangan khas Jawa Tengah yang rasanya nikmat. Biasanya tongseng terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Namun, tongseng juga bisa dibuat dari tulangan kambing ataupun iga sapi.

Sumber: food.detik.com

0 Komentar
?
TAGS
Peternakan
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak