Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

agribisnis
Strategi 4P: Kunci Penjualan Sayuran secara Tepat
Rani Nur Rochim
2 Oktober 2024
6 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Strategi 4P: Kunci Penjualan Sayuran secara Tepat.

Dalam era persaingan yang semakin ketat, strategi pemasaran produk sayur menjadi krusial untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan di pasar. Sayuran, sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat, tidak hanya harus berkualitas tinggi tetapi juga perlu dipasarkan dengan cara yang efektif agar dapat menjangkau konsumen secara optimal. Selain itu, produk sayur yang dapat busuk atau rusak dalam waktu yang dekat juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para penjual.
Bauran pemasaran terdiri dari empat elemen, yaitu PRODUCT (produk), PRICE (harga), PLACE (tempat atau saluran distribusi), dan PROMOTION (promosi). Strategi pemasaran ini sering disebut dengan istilah 4P.
1.    Strategi Produk Sayuran (PRODUCT)
Penentuan produk sayuran yang akan dijual merupakan hal penting yang perlu dilakukan analisis melalui analisis pasar. Kegiatan analisis pasar ini dapat membantu dalam menentukan segmen pasar yang dituju sehingga dapat dengan mudah ditentukan bagaimana jenis produk yang akan dipilih, grade atau kualitas produk, jenis-jenis produk prioritas, serta bagaimana produk akan dikemas menyesuaikan pasar/konsumen.

2.    Strategi Harga Sayuran (PRICE)
Penentuan harga jual sayuran merupakan poin krusial dalam pemasaran produk sayuran. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat penetapan harga sayuran, diantaranya adalah (1) pemantauan harga pasar untuk memastikan harga yang ditawarkan tetap kompetitif; (2) penyesuaian dengan kondisi pasokan sayur;  serta (3) perhitungan biaya operasional da markup harga untuk memastikan keuntungan dengan harga yang tetap wajar di konsumen. 

3.    Strategi Tempat atau Saluran Distribusi Sayuran (PLACE)
Penempatan produk sekaligus saluran distribusinya menjadi hal penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Setelah melalui strategi produk, maka jenis dan grade produk sudah ditentukan. Kemudian, penempatan dari produk inilah yang harus dipertimbangkan. Apabila segmen pasar adalah konsumen sayuran organik maka tempat yang paling tepat sebagai tempat menjual adalah swalayan, mitra dengan restoran, hotel, konsumen lingkungan aprtemen atau perumahan. Sementara itu, apabila grade yang dikehendaki adalah standar maka pasar tradisional merupakan tempat pemasaran paling ideal. Penentuan tempat tersebut juga telah menyangkut bagaimana saluran distribusi yang dilalui. Utamanya, dalam penentuan strategi atau saluran distribusi ini juga berkaitan erat dengan strategi sebelumnya yaitu strategi produk dan harga sayuran.

4.    Strategi Promosi Sayuran (PROMOTION)
Promosi produk saat ini banyak dioptimalkan dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terdapat beberapa alternaatif pemasaran digital yang dapat dilakukan antara lain adalah (1) pemasaran online melalui media online seperti website,  search ads, display ads, dan pesarn elektronik; (2) pemasaran melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan social network lainnya; serta (3) Word of Mouth Marketing dengan mengumpulkan ulasan dari konsumen dan membagikannya sebagai testimoni. 
Dengan menerapkan strategi 4P yang komprehensif, produsen sayuran dapat meningkatkan visibilitas produk mereka, memenuhi kebutuhan konsumen secara efektif, dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, penting bagi para penjual sayuran untuk memahami dan menerapkan strategi pemasaran yang terintegrasi untuk mencapai kesuksesan dalam industri sayuran yang dinamis ini.

Sumber: tabloidsinartani.com

0 Komentar
?
TAGS
Sayuran
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak