Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

urbanfarming
Fakultas Pertanian UGM Kembangkan Rooftop Urban Agriculture Untuk Pangan dan Kota Sehat
Admin
20 Mei 2024
37 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Fakultas Pertanian UGM Kembangkan Rooftop Urban Agriculture Untuk Pangan dan Kota Sehat.

Fakultas Pertanian UGM terus berupaya melakukan inovasi strategis. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, salah satu inovasi terbaru adalah penerapan pertanian perkotaan di atas gedung, yang memanfaatkan atap gedung untuk budidaya tanaman buah.

Inovasi ini diterapkan di atap Gedung Rachmiwati Fakultas Pertanian UGM, dengan membangun rumah kaca untuk budidaya melon.

Pada hari Rabu (15/5), Rektor UGM beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, serta beberapa dekan fakultas lainnya, mengunjungi dan melakukan panen melon di lokasi tersebut.

Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Jaka Widada, M.P., Ph.D., menjelaskan bahwa penanaman buah di atap gedung ini merupakan bentuk pengembangan pertanian perkotaan yang sehat dan menguntungkan. Ia berharap pemanfaatan atap gedung ini bisa menjadi bagian dari regenerasi petani dan ketahanan pangan nasional.

Hasil panen melon dari rumah kaca di atap gedung tersebut dapat mencapai 3-4 kg per buah dengan waktu tanam sekitar 65 hari. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan ruang yang ada dengan perawatan yang tepat bisa menghasilkan tanaman yang subur dan sehat.

Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D., menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini dan menganggapnya sebagai langkah yang sangat baik dalam memanfaatkan ruang untuk pertanian perkotaan. Dia berharap inovasi ini bisa diterapkan di fakultas dan unit-unit lain di lingkungan Universitas Gadjah Mada untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan lingkungan yang hijau.

Sumber: ugm.ac.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Melon
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak