Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

tips
Persyaratan Lokasi Tumbuh Durian Secara Umum
Admin
20 November 2021
1289 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Persyaratan Lokasi Tumbuh Durian Secara Umum.

Dalam pengembangan kawasan kebun durian, perlu diperhatikan berbagai aspek budidaya, salah satunya persyaratan tumbuh pohon durian.

Persyaratan tumbuh dimulai dengan pemilihan lokasi kebun atau lahan yang sesuai dengan agroklimat yang menjadi syarat tumbuh durian. Persyaratan lokasi tumbuh durian secara umum adalah sebagai berikut:

  • Iklim Curah hujan untuk pertumbuhan optimal durian adalah total 1.500 – 2.500 mm/tahun, dengan 7-10 bulan basah (curah hujan >100 mm/bulan) dan 2-4 bulan kering (curah hujan <50 mm/bulan), dengan suhu rata-rata 20 – 300 C, serta intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian 60-80%.
  • Media dan air tanah Struktur tanah tanamam durian yang baik adalah pada lapisan top soil gembur, remah, berbutir, banyak mengandung bahan organik, solum dalam > 1,5 meter. Pada lapisan sub soil lempung berpasir hingga agak liat. Warna tanah kehitaman, kecoklatan-coklatan hingga merah kekuningan. Jenis tanah yang sesuai adalah Allivial, Andosol, Inseptisol, Podsolik Merah kuning dan lainnya, lihat lampiran 2. Kemasaman tanah (pH) 6.0 -7.0, Dianjurkan untuk melakukan analisa tanah dan air agar dapat mengetahui status unsur hara tanah dan air sebagai dasar dalam aplikasi dosis pupuk dan kandungan air yang baik bagi tanaman durian. Ketersediaan air tanah seperti dari sumur, sungai, atau embung menjadi faktor utama.
  • Ketinggian tempat Tanaman durian dapat tumbuh dengan optimal dengan ketinggian tempat < 800 mdpl atau disesuaikan dengan varietas yang akan ditanam. Kemiringan lahan dianjurkan adalah 50 – 200 , apabila melebihi 300 dianjurkan dilakukan terrasering.

 

sumber : http://pertanian.go.id

 

(MP3_S)

0 Komentar
?
TAGS
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak