Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

kesejahteraan petani
Optimisme dan Harapan Petani Cengkeh Tolitoli: Menjaga Kebun Cengkeh agar Berbuah Lebat
Admin
23 November 2023
55 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Optimisme dan Harapan Petani Cengkeh Tolitoli: Menjaga Kebun Cengkeh agar Berbuah Lebat.

Petani Cengkeh DI Tolitoli Optimis Produktivitas cengkeh di tahun 2024 kembali meningkat mengingat sebagian tanaman cengkeh saat ini memasuki fase pembuahan sehingga masa panen diperkirakan akan berlangsung di awal tahun 2024 mendatang.

Salah Seorang Petani Cengkeh Tolitoli Sardin kepada RRI mengatakan, jika saja petani benar benar memaksimalkan proses perawatan dengan baik seperti pembersihan dan pemberian pupuk secara tepat pohon cengkeh akan menghasilkan buah yang lebat, dan dapat meningkatkan pendapatan petani itu sendiri, mengingat banyaknya pohon cengkeh di Tolitoli kurang mendapatkan perhatian dari pemiliknya sebab sebagian besar mendapatkan perawatan ketika musim panen tiba.

“Intensitas perawatan pohon cengkeh wajib dilakukan secara kontinyu agar menghasilkan buah yang banyak, seperti perawatan yang dirinya terapkan di kebun cengkehnya”, ungkap Sardin pada awak media RRI Jumat, 03/11/2023.

Ditambahkan, selain melakukan perawatan terhadap pohon cengkeh jelang panen raya petani tentunya mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana yang diperlukan seperti, modal tenaga kerja maupun tangga cengkeh yang harus dipersiapkan, untuk menjamin kelancaran proses masa panen,sehingga dirinya berharap saat panen nanti harga cengkeh tidak anjlok.

?Sardin berharap produktivitas Cengkeh di tahun 2024 mendatang meningkat di tahun sebelumnya, sebab cengkeh termasuk salah satu icon Kota Tolitoli, yang dapat meningkatkan pendapatan para petani di daerah ini.

Referensi:    rri.co.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak