Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

perikanan
5 Ikan Murah yang Tinggi Protein, Punya Nutrisi Setara Salmon
Admin
29 April 2024
6 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
5 Ikan Murah yang Tinggi Protein, Punya Nutrisi Setara Salmon.

Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein. Tapi, tak semua ikan bisa didapat dengan harga yang murah. Lantas, apa saja ikan murah yang tinggi protein? Salmon, misalnya, dikenal sebagai ikan paling sehat. Dalam setiap 100 gram ikan salmon terkandung sebanyak 21,62 gram protein.

Namun sayang, ikan salmon terbilang mahal. Dalam bentuk fillet, harga ikan yang juga kaya akan asam lemak omega-3 ini bisa mencapai lebih dari Rp100 ribu per kilogram. Tapi Anda tak perlu khawatir, masih banyak pilihan ikan berprotein lainnya yang lebih murah.

Ikan murah tinggi protein

Berikut beberapa pilihan ikan murah tinggi protein yang bisa Anda coba.

1. Ikan kembung

Ikan kembung juga mengandung protein tinggi. Menukil laman Fat Secret, dalam 100 gram ikan kembung terdapat sekitar 19,32 gram protein. Harga ikan kembung juga cukup ramah di kantung. Tak sampai Rp100 ribu per kilogram.

Selain tinggi protein, ikan kembung juga bisa jadi opsi sumber asam lemak omega-3 selain salmon. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari ikan kembung.

2. Ikan bandeng

Sama seperti kembung, ikan bandeng juga bisa didapatkan dengan harga murah tak sampai Rp100 ribu. Tak cuma itu, ikan bandeng juga tinggi protein. Dalam setiap 100 gram ikan bandeng terkandung sekitar 20 gram protein. Ikan bandeng juga mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin B12, B3, B5, B6, fosfor, dan selenium.

3. Ikan cakalang

Selayaknya ikan laut lainnya, cakalang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam setiap 100 gram ikan cakalang terkandung 20 gram protein, 22 miligram vitamin B2, 23 miligram kalsium, 242 miligram fosfor, dan masih banyak lagi. Ikan cakalang juga dapat diolah dalam berbagai hidangan lezat dan didapatkan dengan harga yang terlampau tinggi.

4. Ikan patin

Tak kalah, ikan patin juga memiliki profil nutrisi yang hebat, termasuk urusan protein. Dalam setiap 100 gram ikan patin terkandung sebanyak 17 gram protein, bersama dengan nutrisi lainnya seperti lemak dan karbohidrat. Ikan patin bisa jadi pilihan ikan harga ekonomis tapi kaya protein.

5. Ikan lele

Ikan satu ini sangat mudah ditemukan. Dalam setiap 85 gram ikan lele terdapat sekitar 14,83 gram protein. Selain itu, ikan ini juga mengandung lemak dan karbohidrat dalam jumlah wajar. Demikian beberapa pilihan ikan murah tinggi protein yang bisa Sobat DESA coba. Selamat menikmati!

Sumber: cnnindonesia.com

0 Komentar
?
TAGS
Perikanan
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak