Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

garam
Mengenal Metode Pembuatan Garam dari yang Kuno hingga Modern
Admin
30 Agustus 2023
199 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengenal Metode Pembuatan Garam dari yang Kuno hingga Modern.

Proses pembuatan garam adalah salah satu praktik kimia tertua yang dilakukan oleh manusia. Meskipun garam diproduksi alami ketika air laut menguap, prosesnya mudah direproduksi untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dan dapat dilakukan menggunakan beberapa metode.

Beberapa garam masih diproduksi menggunakan metode kuno, tetapi metode modern, lebih cepat, dan murah telah dikembangkan. Tergantung pada sumber garam dan teknik yang digunakan untuk membuatnya, produk akhir akan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Ada tiga metode utama, yaitu:

  • Melalui penguapan air laut
  • Menambang formasi berbatu-garam di dalam bumi.
  • Membuat air garam.

Garam meja biasa berasal dari air asin atau gourmet (penguapan air laut).

Jika kolam atau teluk dangkal dibiarkan menguap dan mengering, kristal garam akan terbentuk. Kristal yang dihasilkan dipanen dan dapat dengan mudah dikemas, siap untuk dijual, atau dapat diproses lebih lanjut. Proses alami ini adalah metode produksi garam tertua.

Sementara itu, proses pembuatan garam modern dilakukan dengan menempatkan air laut di kolam pemusatan. Kolam ini memungkinkan tingkat penguapan paling efisien dari matahari dan angin. Produk yang dihasilkan adalah air garam yang terkonsentrasi.

Sumber:   orami.co.id

0 Komentar
?
TAGS
Perikanan
Garam
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak