Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

petani milenial
Menjadi Petani: Tantangan Cita-cita Anak Muda Indonesia
Admin
5 September 2023
34 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Menjadi Petani: Tantangan Cita-cita Anak Muda Indonesia.

Di tengah perubahan zaman yang begitu cepat, impian menjadi seorang petani mungkin tidak lagi menjadi pilihan utama anak-anak muda Indonesia. Sistem pendidikan dan sistem pertanian tampaknya belum sepenuhnya sejalan dalam menginspirasi generasi muda untuk memilih profesi yang sangat vital ini.

1. Pertanian Tidak Trendi

Ketika berbicara tentang pekerjaan impian, kita sering mendengar profesi di bidang teknologi, bisnis, atau hiburan. Pertanian, sayangnya, jarang menjadi pilihan utama. Hal ini sebagian karena pertanian dianggap kurang trendi dan kurang menggiurkan.

2. Sistem Pendidikan yang Terpusat pada Kepintaran

Sistem pendidikan Indonesia sering kali memfokuskan diri pada pencapaian akademik yang tinggi dan memuja pekerjaan-pekerjaan di kantor. Pendidikan agrikultur kurang mendapatkan perhatian yang sebanding.

3. Tantangan di Dunia Pertanian

Bekerja di pertanian tidaklah mudah. Petani menghadapi berbagai tantangan, seperti fluktuasi harga komoditas, perubahan iklim, dan kurangnya akses ke teknologi modern. Generasi muda seringkali tidak melihat peluang dan kenyamanan dalam menghadapi tantangan-tantangan ini.

4. Pentingnya Mengubah Paradigma

Penting bagi sistem pendidikan dan masyarakat secara keseluruhan untuk mengubah paradigma mengenai pertanian. Pertanian bukan hanya pekerjaan yang melelahkan, tapi juga peluang besar untuk berkontribusi pada ketahanan pangan, lingkungan, dan ekonomi negara.

5. Peningkatan Kesadaran dan Pendidikan Agrikultur

Meningkatkan kesadaran mengenai manfaat pertanian dan memberikan pendidikan yang kuat di bidang agrikultur dapat membantu merubah pandangan anak-anak muda. Ini bisa dilakukan melalui program-program pendidikan, pelatihan, dan promosi profesi petani yang lebih positif.

6. Peran Teknologi

Pertanian modern memanfaatkan teknologi tinggi, dari drone hingga data analitik. Memperkenalkan anak-anak muda pada teknologi-teknologi ini dapat membuat profesi petani lebih menarik dan efisien.

7. Mendukung Petani Muda

Pemerintah dan lembaga-lembaga terkait perlu memberikan dukungan kepada para petani muda. Ini bisa berupa akses ke permodalan, pelatihan, dan bantuan teknis.

Menjadi petani bukanlah pilihan yang mudah, tapi sangat penting. Transformasi sistem pendidikan dan pemberian perhatian lebih terhadap pertanian adalah langkah-langkah kunci untuk mengubah pandangan anak-anak muda Indonesia terhadap profesi ini. Dengan cara ini, kita bisa memastikan bahwa petani muda akan menjadi kebanggaan negara ini, bukan sekadar alternatif pekerjaan.

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
PetaniMuda
RegenerasiPetani
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak