Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

agribisnis
Mengungkap Pengertian Manajemen Agribisnis Menurut Para Ahli
Admin
6 Februari 2024
245 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengungkap Pengertian Manajemen Agribisnis Menurut Para Ahli.

Manajemen agribisnis adalah konsep yang penting dalam dunia pertanian modern. Dalam mengelola usaha pertanian, pengetahuan tentang manajemen menjadi kunci kesuksesan. Para ahli telah memberikan berbagai definisi mengenai manajemen agribisnis, yang mencakup berbagai aspek termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya dalam konteks agribisnis. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pemahaman para ahli mengenai manajemen agribisnis.

Menurut David K. Hayes dan Beach:

Menurut Hayes dan Beach, manajemen agribisnis merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan segala aktivitas dalam sistem agribisnis untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan efektif dan efisien. Mereka menekankan pentingnya memahami aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam mengelola usaha agribisnis.

Menurut C. Barry Leonard:

Leonard mendefinisikan manajemen agribisnis sebagai suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian sumber daya agribisnis untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Dia menyoroti pentingnya mengintegrasikan ilmu manajemen dengan pengetahuan khusus tentang industri pertanian.

Menurut Richard L. Kohls dan Joseph N. Uhl:

Kohls dan Uhl memandang manajemen agribisnis sebagai suatu proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian segala aktivitas yang terkait dengan produksi, pemasaran, dan distribusi produk pertanian. Mereka menekankan pentingnya pemahaman tentang pasar dan teknologi dalam pengelolaan agribisnis.

Menurut Terry L. Kastens dan John L. Dillon:

Kastens dan Dillon menggambarkan manajemen agribisnis sebagai suatu pendekatan sistematis dalam mengelola usaha pertanian yang melibatkan pengambilan keputusan yang terinformasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Mereka menekankan pentingnya penggunaan data dan analisis dalam proses pengambilan keputusan.

Menurut James F. Thomson dan John L. Thompson:

Thomson dan Thompson melihat manajemen agribisnis sebagai suatu proses yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya manusia, finansial, dan fisik dalam kegiatan pertanian. Mereka menyoroti pentingnya kepemimpinan dan komunikasi efektif dalam mengelola usaha agribisnis.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen agribisnis adalah suatu pendekatan sistematis dalam mengelola usaha pertanian yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian segala aktivitas terkait dengan produksi, pemasaran, dan distribusi produk pertanian. Pemahaman yang mendalam tentang aspek ekonomi, sosial, lingkungan, pasar, dan teknologi sangat penting dalam praktik manajemen agribisnis yang berhasil.

Sumber: accurate.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak