Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

budidaya tanaman
Mengenal Jenis-jenis Semangka dan Potensi Usaha Tani Buah Semangka
Admin
8 April 2024
22 kali dilihat
facebook twitter whatsapp
artikel
Mengenal Jenis-jenis Semangka dan Potensi Usaha Tani Buah Semangka.

Buah semangka menjadi buah dengan banyak peminat di kalangan masyarakat. Tentunya, Anda sudah mengetahui bahwa buah yang berasal dari Afrika Tengah ini mudah di budidaya di Indonesia. Nah, bagi Sobat DESA yang akan memulai budidaya semangka, atau bingung cara panen buah semangka terbaik, artikel ini akan mengulas cara budidaya mulai dari penyiapan lahan, pengendalian penyakit, hingga masa panen. Tentunya dengan memperoleh kualitas buah terbaik.

Perlu Sobat DESA tahu, biasanya buah semangka membutuhkan cahaya matahari dengan suhu sekitar 25-30 derajat celcius. Selain itu, budidaya buah ini membutuhkan kondisi pH tanah sekitar 6 hingga 6,7. Jika tidak sesuai, tentunya Sobat DESA perlu melakukan pengapuran hingga pH tanah memenuhi kriteria budidaya.

Selain dikonsumsi langsung oleh masyarakat, buah semangka juga kerap diolah menjadi berbagai minuman dan juga jus. Beragamnya olahan tersebut membuat permintaan akan buah semangka selalu ada dan meningkat di pasaran. Bahkan pada 2021 lalu,  menurut Kompas, Indonesia telah melakukan ekspor semangka sebanyak 14,5 ton ke Uni Emirat Arab (UEA).

Bahkan buah semangka juga digunakan sebagai bahan dasar kosmetik, dengan kandungan vitamin A, C dan B6 dipercaya mampu menjaga kulit tetap segar dan tidak kering. Harganya yang cukup ekonomis, yakni kisaran Rp3.500 hingga 10.000 per kilogram ini membuat permintaan semangka terus ada. Harga tersebut menyesuaikan ukuran dan kesegaran buah. 

Jenis Semangka

Buah semangka yang menyegarkan dan kaya gizi ini memiliki beberapa jenis yang perlu dulur ketahui, yakni:

  1. Semangka Tanpa Biji, yakni dengan varietas Millionaire, Nova, Crimson, dan Queen of Hearts. Masa panennya biasanya membutuhkan sekitar 85 hari dengan bobot mulai dari 4 sampai 9 kg per buah.
  2. Semangka Hibrida, dengan varietas Sweet Beauty, New Dragon, Farmer Gint dan Quality. Jenis semangka dengan kandungan air cukup banyak ini beratnya mulai dari 9 sampai 12 kg.
  3. Semangka Piknik, varietasnya Allsweet, Black Diamond, Crimson Sweet dan Jubilee. Dengan ukuran yang sedikit lonjong, semangka jenis ini memiliki berat kisaran 2 sampai 6 kg.
  4. Semangka daging kuning, varietasnya Yellow Baby dan Dessert Gold dengan biji dan Chiffong dan Honey Heart dengan buah tanpa biji. Beratnya kisaran 5 sampai 9 kg.

Syarat Tumbuh Budidaya Semangka

buah semangka

Seperti yang sudah dulur ketahui, bahwa morfologi tanaman buah semangka meliputi batang kecil yang bisa merambat dari 3 sampai 5 cm. Buah ini paling cocok ditanam pada suhu antara 25-30 derajat celcius dengan curah hujan kisaran 40-50 mm per bulan.

Selain pH tanah berkisar 6-6,7, budidaya semangka akan lebih optimal jika dilakukan di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Meski begitu, bagi dulur yang memiliki lahan di dataran tinggi juga tetap bisa melakukan budidaya buah semangka.

Sumber: gdm.id

0 Komentar
?
TAGS
Pertanian
Bagikan:
facebook twitter whatsapp
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait
Lihat lebih banyak
Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Artikel dan Video
Informasi
Kontak