Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

Pengelolaan Pertanian Pekarangan Terintegrasi guna Mendukung Ketahanan Pangan
Oleh: Dody Kastono, S.P., M.P.
5 Materi
  • Deskripsi
  • Daftar Materi

Kelas pelatihan "Pengelolaan Pertanian Pekarangan Terintegrasi guna Mendukung Ketahanan Pangan" yang dikelola oleh Lentera DESA adalah sebuah program pembelajaran online yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengelola pertanian pekarangan secara holistik. Kelas ini dirancang untuk membantu peserta memahami konsep pengelolaan pertanian pekarangan yang terintegrasi, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

 

Dalam kelas ini, peserta akan mempelajari berbagai aspek penting, termasuk perencanaan taman pekarangan, pemilihan tanaman yang tepat, teknik penataan, penerapan pertanian pupuk organik, serta sistem tanaman produktif. Peserta juga akan diajak untuk memahami bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada di pekarangan, seperti kompos dari sampah dapur, limbah organik, dan lainnya.

 

Selain itu, kelas ini akan memberikan wawasan tentang pentingnya keberlanjutan dalam pertanian pekarangan, termasuk praktik-praktik ramah lingkungan yang dapat diterapkan. Peserta akan mendapatkan panduan praktis untuk memulai atau meningkatkan pertanian pekarangan mereka sendiri.

 

Kelas pelatihan ini diarahkan untuk individu/kelompok tani yang tertarik dalam pengembangan pertanian pekarangan sebagai solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mendukung pola hidup berkelanjutan. Materi disampaikan melalui platform online yang memungkinkan peserta belajar secara fleksibel sesuai jadwal masing-masing. Dengan mengikuti kelas ini, peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam memperkuat ketahanan pangan di komunitas mereka.

Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Diskusi
Informasi
Kontak