Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia terbukti mampu bertahan dan berkembang walau adanya krisis ekonomi dan Pandemi COVID-19. Bahkan UMKM menjadi sosok penyelamat bagi pemulihan ekonomi bangsa karena kemampuannya memberikan sumbangan yang cukup signifikan pada PDB maupun penyerapan tenaga kerja. UMKM berhasil menjadi payung bagi Indonesia dalam menghadapi badai ekonomi. Dalam kondisi krisis akibat pandemi COVID-19 ini diharapkan UMKM mampu tetap bertahan kembali. Tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM memiliki peran besar bagi perekonomian bangsa, namun besarnya peran UMKM tersebut tidak sejalan dengan kisah sukses UMKM. UMKM di Indonesia masih sulit untuk naik kelas dan tumbuh pada level yang lebih tinggi. Permasalahan menentukan value proposition, kompetitor, distribusi dan pemasaran masih menjadi masalah klasik yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM.
Tujuan Umum:
- Peserta mampu menjelaskan konsep dan strategi dasar pengembangan, pemasaran, dan branding UMKM
- Merencanakan dan mengimplementasikan konsep dan strategi dasar mengelola UMKM bagi pemula untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM
Tujuan Khusus:
- Memahami langkah awal dalam membangun bisnis
- Memahami perilaku dan karakteristik konsumen
- Memahami segmentasi, karakteristik, target dan value proposition produk
- Menganalisis strategi Customer Acquisition
- Menganalisis kompetitor
- Mengetahui alur distribusi pemasaran hingga ke konsumen
- Menyusun Business Model Canvas
- Menyusun strategi promosi melalui platform pemasaran digital (Facebook, Instagram, Whatsapp)
- Membangun relasi antar sesama pelaku UMKM/memperluas jaringan
Kelompok Sasaran/Prasyarat:
- Pelaku UMKM pemula
- Mahasiswa
- Penyuluh Pertanian/Perikanan
Topik: