Mohon lengkapi data di bawah ini sebelum melanjutkan.

Penguatan Kelembagaan Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN)
Oleh: Alia Bihrajihant Raya, S.P., M.P., Ph.D
3 Materi
  • Deskripsi
  • Daftar Materi

Kelas peletihan "Penguatan Kelembagaan Kelompok Pembudidaya Ikan" adalah pelatihan yang dirancang untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta dalam rangka membentuk dan mengelola kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) yang kuat dan berkelanjutan. Dalam kelas ini, peserta akan belajar tentang strategi pembentukan kelompok, perencanaan kegiatan, manajemen sumber daya, pembuatan kebijakan kelompok, dan cara mempromosikan kerjasama yang efektif antaranggota.

Kelas pelatihan ini akan memberikan wawasan mendalam tentang aspek-aspek penting dalam membangun kelompok pembudidaya ikan yang sukses, seperti peraturan organisasi, pengambilan keputusan, alokasi sumber daya, pemecahan masalah, dan pengembangan keterampilan komunikasi. Selain itu, peserta akan mendapatkan panduan praktis untuk mengatasi tantangan umum yang mungkin dihadapi oleh kelompok pembudidaya ikan, seperti permodalan, pemasaran produk, dan peningkatan produktivitas.

Kelas pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam pembentukan kelompok pembudidaya ikan dan memiliki pengetahuan mendalam tentang praktik-praktik terbaik dalam manajemen kelompok. Peserta akan memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan belajar dari studi kasus nyata yang berhasil.

Dengan mengikuti kelas pelatihan ini, peserta diharapkan mampu membentuk, mengelola, dan mengembangkan kelompok pembudidaya ikan yang efisien, produktif, dan berkelanjutan. Mereka akan menjadi agen perubahan yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan sektor budidaya ikan di wilayah mereka dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan pangan negara.

Lentera DESA

Lentera DESA adalah platform edukasi dan pelatihan online di bidang agrokompleks (pertanian, perikanan, dan peternakan). Lentera DESA menyediakan ruang Diskusi untuk saling bertukar informasi dan menjalin relasi. Lentera DESA dikelola oleh Unit Sistem Informasi dan Media Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada


Copyright © 2021 | Lentera DESA
Beranda
Diskusi
Informasi
Kontak